Langsung ke konten utama

Microsoft Office

Pengertian dan Aplikasi di Microsoft Office

Pengertian Microsoft Office
Microsoft Office adalah paket software buatan Microsoft Coorporation yang dirancang untuk memudahkan tugas perkantoran. Dengan Microsoft Office kita bisa mengetik proposal, surat, laporan keuangan, presentasi, database karyawan, membuat  logo, dan lain-lain.
Perkembangan Microsoft Office
Microsoft Office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Microsoft Office untuk Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0.
Lalu setelah populer, pada tahun 1995 Microsoft kembali meluncurkan aplikasi kantoran ini dengan versi 1995 bersama dengan OS Windows 95-nya. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.........

Pos populer dari blog ini

Rumus dan Formula MS. Excel

Pastikan anda telah pempelajari materi sebelumnya tentang Rumus dan Jenis-jenis Operator di tulisan saya sebelumnya. jika belum silahkan klik DISINI untuk mempelajarinya Fungsi pada Excel adalah gabungan rumus-rumus yang telah terprogram pada Ms. Excel. seperti halnya rumus penulisan Fungsi selalu dimulai dengan tanda sama dengan ( = ). Berdasarkan kategori Fungsi pada Excel 2007 terdiri atas :
1.  Fungsi Matematika dan Trigonometri
2.  Fungsi Logika
3.  Fungsi Teks dan Data
4.  Fungsi Lookup dan Referensi
5.  Fungsi Statistik
6.  Fungsi Database
7.  Fungsi Cube (kubus)
8.  Fungsi Informasi
9.  Fungsi Engineering (Rekayasa)
10.Fungsi Keuangan Jumlah fungsi pada Excel 2007 kurang lebih sekitar 338 (klik Disini untuk melihatDaftar Fungsi Excel secara keseluruhan) Fungsi itu pun dapat berubah seiring dengan perkembangan dari aplikasi excel yang sekarang versi terakhir saat materi ini di tulis ada Microsoft Office 2010. Khusus untuk mata Pelajaran TIK SMA kelas XIdi semester 2 ini, tidak akan di je…

Fungsi Menu Bar MS.Word

Menu dan ikon pada Menu Bar terdiri dari menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help. Berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai fungsi dari setiap menu tersebut.

1. File
Menu file berfungsi untuk membuat, membuka, menyimpan, mencetak, mengatur ukuran halaman hingga menutup suatu dokumen yang kiti tool-tool yang terdapat dalam menu file fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu File.

Fungsi Menu File :
New :Untuk membuat lembar kerja baruOpen : Untuk membuka file dokumen yang pernah kita buatClose : Untuk menutup file yang sudah sedang aktifSave : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan.Save as : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.Save as Web Page : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.Search : Untuk mencari file atau nama fileVersions : Untuk menampilkan tanggal dan waktu masing-masing versi yang disimpan dan nama orang yang m…

Bikin Grafik Kolom Excel

Sama seperti grafik batang, grafik atau diagram kolom (column chart) berguna untuk menyajikan perbandingan data pada satu atau beberapa seri data. Data pada grafik kolom disajikan dalam data point berbentuk persegi panjang vertikal, yang tingginya ditentukan oleh nilai data. Dengan begitu, kita bisa melihat dengan cepat perbedaan nilai pada data yang disajikan. Microsoft Excel memiliki beberapa model grafik kolom, yaitu Clustered ColumnStacked Column, dan 100% Stacked Column. Pada tutorial ini akan dibahas cara membuat grafik kolom tumpuk (stacked column) yang memiliki dua seri data seperti gambar berikut.

Kapan Menggunakan Grafik Kolom? Gunakan grafik kolom, apabila: Memiliki satu atau beberapa seri data. Misalnya, penjualan produk A, B, C untuk tahun 1 dan tahun 2. Produk A, B, dan C adalah kategori. Tahun 1 dan tahun 2 adalah seri data.Ingin membandingkan data untuk berbagai kategori secara berdampingan.Data grafik memiliki nilai negatif atau nol.
Langkah-langkah Membuat Grafik K…