Apple Coret Samsung Jadi Pemasok Chip iPhone?

detail beritaCALIFORNIA - Rencana Apple untuk mengurangi ketergantungan terhadap pasokan komponen dari Samsung telah lama berhembus. Terkini, raksasa elektronik Amerika Serikat (AS) itu dilaporkan telah membuat kesepakatan dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) sebagai perusahaan yang akan memproduksi chip untuk rangkaian iPhone terbaru.

Jika kerjasama kedua perusahaan terbukti, maka itu sekaligus mengakhiri hubungan Apple dengan Samsung. TSMC akan menjadi manufaktur chip Apple selama tiga tahun.

Dilansir dari Softpedia, Selasa (25/6/2013), kerjasama kedua perusahaan akan dimulai saat TSMC memproduksi chip A8 dengan fabrikasi 20 nm pada Juli dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Lalu produksi akan ditingkatkan kembali menjelang akhir tahun.

Selain itu, TSMC juga akan menggarap chip A9 dan A9X dengan fabrikasi 16 nm dan 10 nm. Keduanya akan mulai diproduksi kuartal tiga 2014.

Sumber mengatakan, chip A8 akan memperkuat iPhone model terbaru yang diprediksi akan mulai tersedia di pasar pada awal tahun depan. Sedangkan chip A9 atau A9X akan digunakan iPhone generasi terbaru dan iPad untuk waktu peluncuran pada 2015.

Namun sejauh ini, belum ada konfirmasi resmi mengenai kesepatakan kerjasama Apple dan TSMC.
(adl)

Komentar

Postingan Populer