Kecepataan Provider GSM di Indonesia

Sebelumnya saya minta maaf karena menyebutkan nama-nama operator secara vulgar, tetapi informasi ini saya rasa sangatlah penting sebagai acuan untuk masyarakat indonesia dalam memilih provider yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Tidak ada niat sama sekali untuk mempromosikan ataupun menjatuhkan nama baik masing-masing provider, karena saya tahu bahwa semua punya kelebihannya masing-masing. Artikel ini dibuat seobjektif mungkin dengan menyertakan sumber dari joikuspeed.com dan beberapa pengalaman saya saat saya mencoba satu persatu dari 5 GSM di Indonesia ini.

Sekarang kita akan langsung menuju topik utama. Bagi kalian yang mungkin kebingungan dalam mencari ISP GSM yang berkualitas, saya sediakan sedikit informasi yang mungkin bisa dijadikan acuan
untuk menyelesaikan masalah kebingungan kalian :)

Berikut ini adalah gambar yang saya snapshot menggunakan snipping tool mengenai peringkat kecepatan internet GSM di Indonesia yang dirilis oleh pihak joikuspeed.com

internet GSM di Indonesia

Disana tertera bahwa XL menempati urutan pertama dengan kecepatan rata-rata 2,95 Mb/s. Memang XL pantas menyandang gelar sebagai ISP GSM dengan kecepatan internet terbaik di Indonesia mengingat harganya yang lumayan mahal :D dan apalagi sekarang XL tidak lagi menyediakan layanan internet unlimited, sehingga saya berpindah ke operator lain.

XL

XL punya kecepatan yang menurut saya super kencang, antara kecepatan download dan uploadnya stabil, saya tidak pernah mengalami gangguan ketika bermain game online. Semua lancar, kecuali biayanya :D

Three

Three menempati posisi kedua, dengan kecepatan download yang lumayan memuaskan dan harga yang super murah, saya rasa kalian yang hobi internetan cocok dengan GSM ini. Tapi GSM ini tidak cocok dengan saya karena mengingat saya seorang blogger tentunya juga memerlukan speed upload juga sementara three sangat lemah speed uploadnya.

Axis

Posisi ketiga ditempati oleh operator GSM yang paling muda umurnya, yaitu axis. Dengan iklan yang menarik dan penuh humor mampu mendongkrak keeksisan si axis ini :D . Tapi kecepatan internetnya lumayan kencang, speed download dan upload stabil, harga murah. Hanya saja axis memiliki kendala di sinyal di banyak daerah di indonesia.

telkomsel





Di posisi empat diduduki oleh si merah yang merupakan rajanya GSM yang memiliki paling banyak pengguna di seluruh Indonesia. Tarif internet telkomsel kini bersaing dengan tarif yang ditawarkan XL, harga yang mahal rupanya tidak membuat pelanggannya lari. Karena sebenarnya operator ini memiliki kecepatan internet yang super kencang, hanya saja karena banyak pelanggan, tentu saja traffic jadi padat dan membuatnya menjadi lemot. Tapi telkomsel memang patut diacungi jempol kalau soal sinyal, dimanapun anda berada, sinyal telkomsel selalu penuh, meskipun kecepatannya internetnya tidak stabil :D
Indosat
Nah kita sampai di yang terakhir :) Indosat, yaitu operator yang menempati posisi kelima ini menurut saya lebih fokus menjadi "operator seluler" sehingga kualitas internetnya agak kurang. Tapi kalo buat yang jarang internetan cocok menggunakan indosat, karena operator ini memiliki kelebihan di "harga internet tanpa paket" nya yang murah.Soal sinyal dan harga paket internet, menurut saya beda tipis dengan telkomsel :)


Sekian artikel yang mengulas kecepatan dan kualias internet 5 Operator GSM di Indonesia, review di atas suatu saat dapat berubah sesuai dengan perbaikan yang dilakukan secara terus-menerus oleh masing-masing pihak operator. Dan apabila ingin tahu lebih lanjut mengenai perubahan kecepatan rata-rata internet GSM di Indonesia ini silahkan langsung kunjungi http://joikuspeed.com . Artikel ini hanyalah sebuah acuan kecil, karena kecepetan internet di masing-masing daerah berbeda, semua tergantung sinyal dan isi dompet anda :D Apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kotak komentar :)

Komentar

Postingan Populer