Memori Utama Kingston KHX18C9T3K2/8X

Dengan Heat Spreader Baru Ada macam-macam memori utama yang ditawarkan oleh Kingston. Untuk kebanyakan pengguna PC desktop, Kingston membagi memori utamanya ini pada ValueRAM dan HyperX. Dari keduanya, HyperX yang dilengkapi dengan heat spreader dan ditujukan untuk performa. Salah satu memori utama Kingston HyperX yang mampir di PCplus adalah KHX18C9T3K2/8X yang merupakan HyperX Beast dan masuk di jajaran HyperX Predator — varian papan atas HyperX.
u6-434-Kingston 
Kingston HyperX Beast menawarkan heat spreader baru yang diklaim mampu memaksimalkan disipasi panas sehingga memberikan reliabilitas yang lebih bagus. Pembuangan panas yang lebih baik ini tentunya juga sejalan dengan frekuensi kerja Kingston HyperX Beast yang 800MHz (DDR3-1600) ke atas.

Meskipun begitu, heat spreader baru ini memiliki dimensi yang lebih tinggi dari heat spreader “biasa”. Akibatnya, penggunaan Kingston HyperX Beast tersebut bisa mengganggu bila kamu menggunakan heatsink fan prosesor yang menjorok ke arah slot memori utama.

Adapun Kingston KHX18C9T3K2/8X yang PCplus uji kali ini dirancang untuk bekerja pada 933MHz (DDR3-1866). Kapasitasnya sendiri adalah 8GB (total) yang terdiri dari 2 keping memori utama dengan kapasitas masing-masing 4GB. Memang Intel telah menawarkan sistem untuk PC desktop yang mendukung 4 kanal memori utama (butuh  setidaknya 4 keping memori  utama untuk berjalan pada 4 kanal ini), namun sebagian besar PC desktop masa kini tetap dirancang untuk 2 kanal memori utama.

Agar memudahkannya berkerja sesuai rancangannya di 933MHz, Kingston melengkapi HyperX Beast yang PCplus uji dengan profil khusus lewat Intel XMP (Extreme Memory Profile). Saat profil ini diaktifkan Kingston KHX18C9T3K2/8X akan berjalan di 933MHz dengan timing 9-11-9-27 dan tegangan kerja 1,65V. Andai sistem kamu menolak untuk bekerja sesuai pengaturan ini, Kingston memberikan pula profil kedua yang juga memanfaatkan Intel XMP. Profil kedua ini mengatur memori utama untuk bekerja pada 800MHz dengan timing 9-9-9-28 dan tegangan kerja 1,65V.
Bila kamu tidak ingin menggunakan Intel XMP, kamu tentu juga bisa menjalankannya sesuai JEDEC (Joint Electron Device Engineering Council) — pembuat standar memori utama — pada 667MHz (DDR3-1333) dengan timing 9-9-9-24 dan tegangan kerja 1.5V.

Bagaimana dengan chip DRAM-nya? Berhubung pakai heat spreader, PCplus tidak melakukan pengamatan mengenai chip DRAM yang digunakan. Dari dokumen Kingston bisa dikatakan bahwa masing-masing keping memanfaatkan 16 chip DRAM.

Dari sisi kinerjanya, Kingston KHX18C9T3K2/8X sudah sewajarnya memberikan kinerja yang tinggi. Alasannya? Kombinasi 8GB, 2 kanal, dan 933MHz. Untuk memastikannya, PCplus tentunya melakukan pengujian. Hasil uji yang diperoleh membenarkan asumsi PCplus ini. Bahkan, unit Kingston HyperX Beast  yang PCplus uji masih bisa di-overclock ke 1000MHz (DDR3-2000) dengan pengaturan lainnya mengikuti Intel XMP untuk 933MHz.
(cgs)

Komentar

Postingan Populer